BESARAN MORFOLOGI, MANFAAT, DAN KUNCI DETERMINASI


Deskripsi Besaran

 
  Klasifikasi
            Adapun klasifikasi dari tanaman Morus alba L adalah sebagai berikut:
            Kingdom         : Plantae
            Sub kingdom   : Tracheobionta
            Super Divisi    : Spermatophyta
            Divisi               : magnoliophyta
            Kelas               : magnolipsida
            Sub kelas         : Dellenidae
            Ordo                : Urticales
            Family             : moraceae
            Genus              : Morus
            Spesies            : Morus alba

Bebesaran tumbuh cukup cepat pada saat masih muda, namun kemudian tumbuh lambat dan tingginya jarang melebihi 10-15 m. Daun bebesaran merupakan daun sederhana berbentuk cuping dan menggergaji di bagian tepi. Buah murbei merupakan buah majemuk dengan panjang 2-3 cm, berwarna merah bila masih mudah dan ungu tua bila ranum, dan dapat dimakan.
Di Indonesia lebih banyak jenis Murbei/Arbei dengan nama latin Morus australis Poir, yang buahnya jauh lebih kecil tapi faedahnya tidak kalah dengan Murbei lainnya. Nama daerah: Kitau; Kerto; Babasaran; Bebesaran; Murbei; Lampaung; Mempaung. Habitat: Tumbuh liar di hutan dan ditanam di halaman atau di kebun. Bagian tanaman yang digunakan: Daun ; Akar ; Cabang ; Buah.
Bebesaran terutama terkenal karena dedaunannya digunakan sebagai makanan ulat sutra. Selain itu, andalas (Morus macroura), salah satu spesies bebesaran, sering digunakan kayunya untuk lantai rumah atau mebel karena kuat dan keras.
Murbei terutama terkenal karena dedaunannya digunakan sebagai makanan ulat sutra. Selain itu, murbei/bebesaran atau andalas (Morus macroura), salah satu spesies murbei sering digunakan kayunya untuk lantai rumah atau mebel karena kuat dan keras.


2.8 Kandungan Kimia

Karoten; Adenin; Kolin; Amilase; Minyak lemak; Vitamin C; Vitamin A; Vitamin B1; Kalsium; Fosfor; Maklurin; Rutin; Morin; Ergosterol, ecdysterone, inokosterone, lupeol, beta-siterol, moracetin, isoquesetin, scopolin, scopoletin, alfa, beta-hexenal, eugenol, linalool, benzyl alkohol, butylamine, acetone, trigolline, choline, adenin, asam amino, copper, zinc, vitamin (A, B1, C dan karoten), asam klorogenik, asam fumarat, asam folat,dan phytoestrogens.

Zhen Ou Yang dan rekan dari School of Biological and Environmental Engineering Jiangsu University, Zhenjiang, Cina menambahkan daun murbei juga mengandung flavon, alkaloid, polisakarida, sterol, minyak volatil, asam amino, vitamin dan senyawa mikro lainnya yang memiliki aktivitas farmakologi. Seperti flavon yang merupakan antioksidan berperan dalam menghambat oksidasi xantin menjadi asam urat.

Manfaat

Bebesaran atau murbei tak hanya bermanfaat bagi pertumbuhan ulat sutera tetapi dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah alias anti diabetes. Endang Sri Sunarsih dari Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang, bersama rekan di sekolah tinggi ilmu farmasi, Semarang, Jawa Tengah membuktikan secara praklinis.
Pemberian insulin serta daun murbei menurunkan kadar glukosa dalam darah. Endang menduga penurunan kadar glukosa pada darah yang dilakukan nya pada hewan percobaan, karena daun murbei mengandung senyawa yang bersifat seperti insulin.
Manfaat daun murbei sebagai antidiabetes juga di buktikan oleh hasil riset National Institute of Agrobiological Science, Jepang. Penelitian itu menunjukan aktifitas senyawa Acarbose dan murbei mampu menghambat kinerja alfaglukosidae dan mengintervensi proses hidrolisis, yang kedua nya merupakan penyebab diabetes.
Acarbose pada daun murbei juga menghambat penyerapan glukosa berlebih dan gula yang masuk dalam tubuh diperoses sacara lambat. Dengan begitu gula darah dalam tubuh tidak meningkat dan terhindar dari diabetes.
Mengkonsumsi daun herbal dalam bentuk ekstrak dapat menghilangkan rasa tidak enak yang ditimbulkan oleh herbal. Selain itu juga dapat memperpanjang masa konsumsi. Menurut Yana Sunoto, herbalis di Tangerang Selatan, Provinsi Banten, mengkonsumsi herbal dalam bentuk cairan proses penyerapan nya dalam tubuh lebih cepat. Dengan begitu peminumnyapun dapat cepat merasakan manfaat daun kerabat nangka itu.





Khasiat: Antipiretik; Antitusif; Diuretik; Anti flogestik; Analgesik
Selain manfaat diatas, ternyata daun murbei juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. 
Berikut  beberapa mafaat daun murbei:
  • Detoksifikasi atau membuang racun dalam tubuh
  • Menjaga kesehatan ginjal
  • Mampu meredakan sakit kepala
  • Mengatasi insomnia
  • Membantu meringankan kencing manis / diabetes
  • Mengatasi keputihan pada wanita
  • Menetralisir racun akibat salah makan ataupun narkoba
  • Membantu meredakan asam urat
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh
2  Perteelaan suku/kunci determinasi
            Adapun kunci determinasi dari tanaman Morus alba L adalah sebagai berikut:
1b-2b-3b-4b-6b-7b-9b-10b-11b-12b-13b-14a-15a (golongan 8)-109b-119b-120a-121b-124a
(familia Moraceae)
1b Tumbuh-tumbuhan dengan bunga sejati sedikit-dikitnya dengan benang sari dan atau putik . Tumbuh-tumbuhan berbunga                                                                                           
  2
2b Tidak ada alat pembelit tumbuh-tumbuhan dapat juga memanjat atau membelit (dengan benang.poros daun atau tangkai daun   )                                                                              
     3
3b Daun idak berbentuk jarum atau tidak terdapat dalam berkas tersebut di atas          
       4
4b Tumbuh-tumbuhan tidak menyerupai bangsa rumput. Daun dan atau bunga berlainan dengan yang diterangkan diatas                                                                                 
      6
6b Dengan daun yang jelas                                                                                                    
 7
7b Bukan tumbuh-tumbuhan bangsa palem atau yang menyerupainya             
                     9
9b Tumbuh-tumbuhan tidak memanjat dan tidak membelit                                                 
  10
10b Daun tidak tersusun demikian rapat menjadi roset                                                      
    11
11b Tidak demikian ibu tulang daun dapat dibedakan jelas dari jaring urat daun dan dari anak cabang tulang daun yang ke samping dan yang serong ke atas                                       
   12
12b Tidak semua daun duduk dalam karangan atau tidak ada daun sama sekali  
                13
13b Tumbuh-tumbuhan berbentuk lain                                                             
                      14
14a Daun tersebar kadang-kadang sebagian berhadapan                                 
                      15
15a Daun tunggal. Tetapi tidak berbagi menyirip rangkap sampai bercangap menyirip rangkap (golongan 8)                                                                                                                 
     109
109b Tanaman daratan (tumbuh) diantara tanaman bakau                                        
             119
119b Tanaman lain                                                                                                 
                 120
120aTanaman getah                                                                                               
                 121
121b Setengah perdu perdu pohon atau rumput-rumputan berbentuk pohon        
                124
124a Daun penumpu meninggalkan bekas melingkar pada cabang (jadi memeluk batang).Bunga tidak kelihatan nyata.Dalam karangan bunga yang berbentuk periuk atau karangan bunga yang berbentuk bola besar berdaging masih masih memanjang.
 38 .Moraceae
 


   Habitat
            Dalam penampakannya Murbei (Morus alba) merupakan pohon perdu, batang berkayu, batang bulat, batang yang masih muda unggu. tetapi bisa menjadi pohon tinggi bila tidak ada pemangkasan, bercabang banyak. Murbei juga mudah dibudidayakan dengan tinggi pohon 6-9 m. Daunnya berbentuk jantung, mudah liruh dari rantingnya.

                  Murbei (Morus alba) merupakan tanaman asli dari Cina yang tersebar luas di seluruh tempat baik di daerah iklim tropis maupun sub tropis. Murbei dapat tumbuh baik pada ketinggian lebih dari 100 m dari permukaan laut dan memerlukan  cukup sinar Matahari. Pohon murbei relative besar dengan ketimggian 9-12 m serta diameter 0,5 cm. Murbei tumbuh liar di hutan dan ditanam di halaman atau di kebun.
    Organa Nutritiva
                  1)      Akar (Radix)
Tanaman murbei memiliki perakaran yang luas dan dalam. Tanaman yang berasal dari stek perakarannya mampu tumbu ke bawah mirip dengan akar tunggan hingga mencapai ke dalaman 10-15 cm dari permukaan tanah, sedangkang  akar tanaman  murbei yang sudah berumur tua  mampu menembus ke dalaman lebih dari 300 cm. Akar tanaman murbei termasuk akar tunggang dan warnanya putih kekuningan.
                  2)      Batang (Caulis)
Batang  tanaman murbei warnanya bermacam-macam, tergangtung umurnya, yaitu; hijau, hijau kecolatan, dan hijau agak kelabu. Percabangannya banyak  dengan arah tegak, mendatar, dan menggantung. Batang, cabang, dan ranting tumbuh dari ketiak daun dan berbentuk bulat
      3)      Daun (Folium)
Daunnya berwarna hijau, daun tunggal, letak berseling, bertangkai yang panjangnya 4 cm, helai daun bulat telur sampai berbentuk jantung, ujungnya runcing, pangkalnya tumpul, tepi bergerigi, pertulangan penyerip,  permukaan atas dan bawah kasar, panjang 2,5-20cm, dan lebarnya 1,5-12 cm, warnanya hijau
  Organ Reproduktiva
1.      Bunga
Bunga majemuk berbentuk tandan keluar dari ketiak daun. Mahkota berbentuk taju berwarna putih. Dalam satu pohon terdapat bunga jantan, betina dan bunga sempurna yang terpisah. Tanaman murbei berbunga sepanjang tahun
2.      Buah
Buahnya banyak yang berupa buah buni, berair dan rasanya enak. Buah murbei yang masih muda berwarna hijau, yang sudah tua berwarna merah dan rasanya asam, buah yang sudah matang berwarna hitam dan rasanya manis.
3.       
Biji buah murbai kecil dan warnanya hitam


Komentar

Postingan populer dari blog ini

laporan praktikum analgetik

kunci determinasi kunyit

MAKALAH TEKNIK SAMPLING